16 Agustus, 2012

KRI dr Soeharso yang Membanggakan


KRI dr Soeharso adalah sebuah kapal yang bertugas sebagai rumah sakit terapung TNI angkatan laut dengan nomor lambung 990(sering disingkat SHS 990).Ini adalah rumah sakit terapung pertama Indonesia.Meskipun tidak secanggih rumah sakit terapung negara lain,kehadirannya sudah membuat semua bangga.Karena KRI dr Soeharso bisa mengobati sampai ke pulau-pulau terpencil di Indonesia.KRI dr Soeharso mulai beroperasi tahun 2008,Berarti sudah 4 tahun beroperasi.Wowwwww!

Dulu sebelum menjadi rumah sakit terapung,kapal ini bernama KRI Tanjung Dalpele dengan nomor lambung 972.Kapal buatan Korea yang mulai bertugas tahun 2003.

Nama Dalpele ini diambil dari nama sebuah tanjung yang terletak paling timur gugusan Provinsi Papua dan nama dr.Soeharso diambil dari nama seorang dokter yang sangat berjasa selama masa perjuangan kemerdekaan.Oh ya,dr.Soeharso adalah dokter ahli bedah tulang.Nama beliau adalah Prof.dr.Soeharso.

Besar kapal tersebut adalah panjang 122 meter dan lebar 22 meter.Kalau digunakan untuk kemiliteran,kapal ini dapat mengangkut 14 truk atau tank amfibi,3 helikopter,2 pesawat pendarat pasukan,dan 1 hovercraft.

Kalau sebagai rumah sakit,dapat menampung 40 pasien rawat inap.Fasilitasnya juga cukup lengkap.Ada 1 ruang UGD,3 ruang bedah,6 ruang poliklinik,apotik dan lainnya.Bila dibutuhkan,kapal ini dapat membawa 400 pasukan dan 3000 penumpang.KRI dr Soeharso juga dilengkapi ruang periksa,ruang operasi,ruang ibu melahirkan.Wowwww!Cukup lengkap bukan?

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebaiknya komentar yang terhubung dengan artikel yang ada.Kalau komentar berhubungan SARA akan langsung dihapus