16 Agustus, 2012

Proses Pembuatan Jaring Laba-laba


Halo teman-teman,ini adalah postingan pertama saya.Topik kali ini adalah jaring laba-laba.Anda pernah lihat jaring laba-laba?Mungkin kalian semua sudah pernah lihat jaring laba-laba,ya...Kali ini saya ingin membagikan sebuah informasi tentang proses membuat jaring laba-laba.Tadi saya baru membaca sebuah majalah tentang proses membuat jaring laba-laba.

Jaring laba-laba terbuat dari benang khusus yang dihasilkan oleh 7 buah kelenjar.Namanya,spinnetets.Dimana letaknya?Letaknya,di ujung perut laba-laba.

Spinnerets menghasilkan cairan yang akan mengeras menjadi benang setelah bercampur dengan udara.Benang itu bermacam-macam.Ada yang tebal dan kuat,yang tipis,dan yang mengandung perekat.Lalu caranya bagaimana dong?Caranya cukup mudah.

  1. Laba-laba melemparkan benang yang tebal dan kuat ke udara dan menempel di tempat tertentu.
  2. Lalu laba-laba akan meniti benang tersebut sambil mengeluarkan benang kedua.
  3. Benang kedua lalu ditarik kebawah lalu ditarik kebawah hingga terbentuk jaringan berbentuk segitiga dengan sebuah titik pusat di tengahnya.
  4. Dari titik pusat ini dibentuk jari-jari.Jari-jari ini terbuat dari benang tipis yang tidak mengandung perekat.
  5. Selanjutnya,dibuat jaringan spiral dari benang yang mengandung perekat.
  6. Nah benang yang mengandung perekat gunanya untuk menangkap mangsa.Sedangkan yang tidak berperekat dipakai untuk tempat berpijak saat mengambil mangsa.

ARTIKEL TERKAIT:

4 komentar:

Sebaiknya komentar yang terhubung dengan artikel yang ada.Kalau komentar berhubungan SARA akan langsung dihapus